Kamis, 28 Januari 2010

Jeruk pun Bicara

Jeruk pun Bicara

Kami duduk di meja makan
Ayah memegang jeruk
yang sedari pagi terdiam di keranjang
ditemani apel dan buah kelengkeng
Ayah menyapaku..
Adik...coba kau latihan
Ajaklah bicara jeruk ini
tanyakan apa manfaatnya.
Lalu aku bertanya...
bagaimana caranya...?
bisakah benda mati seperti itu bicara?
Kau jangan keliru dik..
Setiap benda bisa bicara...
Begitu ayah berkata
Perlahan aku diajari caranya
aku mulai berkonsentrasi seperti yang disarankannya
Doa kumulai untuk mempertajam konsentrasi
Kuajak bicara jeruk itu
Subhanallah...
Sang jeruk membalas salamku
Seperti ibu dan saudaraku yang lain...
Aku terheran...
Aku bertanya lagi tentang kandungannya
Aku bertanya lagi tentang fungsi kegunaannya..
Aku bertanya tentang bagaimaa cara memanfaatkannya...
Sang jeruk...
Ternyata menjawab...
Aku dapat sebagai antioksidan
Seratku bisa mencegah kanker
Kadungan vitaminku mencegah sariawan...
Oh...banyak betul ternyata
Darinya aku semakin tahu banyak fungsinya
Tak hanya dagingnya...
Tak hanya airnya...
Ternyata kulitnya juga berfungsi..
Ia bahkan bisa jadi minyak gosok..
Jika bercampur banyak bahan...

Subhanallah...
Tuhan maha kaya ilmu...
Subhanallah al adzim....

Kinanggit' Januari 2010

11 komentar:

  1. ...ha ha ha... dulu tahun 70-an ada pelajaran ilmu hayat, yang membagi benda2 kedalam 2 katagori: biotik (benda hidup) dan abiotik (benda mati). sy juga meyakini kalau yang ada hanya biotik, bukankah meja yang abiotik bisa uzur, tua, rapuh, lalu jadi almarhum..?...

    BalasHapus
  2. Terima kasih komentarnya om Djoko. Meja bisa juga kok diajak bicara.

    BalasHapus
  3. dear kinanggit,
    semakin kita bisa "berbicara" dengan segala sesuatu disekitar kita, semakin tajam indera kita, tapi tidak semua orang bisa, iya kan? tolong dong kasih tau ke kita caranya, step by step gitu. ( yang mudah ya) he he

    BalasHapus
  4. Yang jelas dan paling pokok adalah konsentrasi. Latihan yang konsisten untuk berbicara dengan hati.

    BalasHapus
  5. assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokaatuh

    salam kenal Kinanggit :)

    Subhanallah.. jeruk pun bisa berbicara ya.. jadi ingat, dulu waktu masih SMP, seperti pernah berbicara dengan kucing (tapi masih belum bisa membedakan, mana yg suara dia beneran dan mana yg suara hati saya)

    Apakah Kinanggit juga tahu, bahwa para sahabatnya Rasulullah SAW juga ada yang bisa berbicara dengan benda2 mati? :)

    semoga dengan diberikan kemampuan seperti ini, Kinanggit semakin mencintai Sang Pencipta jeruk :) amiin.. amiin ya Allah

    Jangan lupa, main ke blognyaitik ya ^___^

    BalasHapus
  6. Mbak Ina, Terima kasih atas attensinya.
    Kalau tentang sahabat nabi saya tidak tahu. Belum pernah tahu. Kalau yang saya tahu, ya Nabi Sulaiman yang bisa.
    Terima kasih Mbak Ina.

    BalasHapus
  7. kalau degan ijo manfaatnya apa saja ya mbak?

    saya sering minum degan ijo dengan keyakinan pasti manfaatnya baik bagi tubuh, cuma sampai sekarang saya tidak tahu pasti apa saja manfaatnya.

    dalam acara-acara jawa sering degan ijo digunakan oleh leluhur kita khan?.

    trims atas jawabannya.

    BalasHapus
  8. air degan ijo itu untuk penghilang racun di tubuh. bagus untuk kesehatan.

    BalasHapus
  9. dear, dito
    suzah buanget. (enaknya ya kalo dikasih kelebihan sama yang DIATAS) apalagi sekarang lagi krisis, (parah, he he)

    BalasHapus
  10. semua punya kelebihan kok...tinggal kita cari kelebihan kita..kemudian kita pertajam....

    BalasHapus
  11. kalo untuk mengurangi mata minus ada nggak ya resep alaminya?

    BalasHapus